My Song

This Flash Player was created @ FlashWidgetz.com.

WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 30 Mei 2015

Penyusunan Sintetis , Karangan Ilmiah , Konsep Menulis Laporan Ilmiah , Catatan Harian mengenai penulisan PI

A.Sintesis

Sintesis diartikan sebagai komposisi atau kombinasi bagian-bagian atau elemen-elemen yang membentuk satu kesatuan. Selain itu, sintesis juga diartikan sebagai kombinasi konsep yang berlainan menjadi satu secara koheren, dan penalaran induktif atau kombinasi dialektika dari tesis dan antitesis untuk memperoleh kebenaran yang lebih tinggi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003) sintesis diartikan sebagai “paduan berbagai pengertian atau hal sehingga merupakan kesatuan yang selaras atau penentuan hukum yang umum berdasarkan hukum yang khusus.” Pengertian ini sejalan dengan pendapat Kattsoff (1986) yang menyatakan bahwa maksud sintesis yang utama adalah mengumpulkan semua pengetahuan yang dapat diperoleh untuk menyusun suatu pandangan dunia. Dalam perspektif lain “sintesis” merupakan kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatakan berbagai elemen dan unsur pengetahuan yang ada sehingga terbentuk pola baru yang lebih menyeluruh. Kata kerja operasional yang dapat digunakan adalah mengategorikan, mengombinasikan, menyusun, mengarang, menciptakan, mendesain, menjelaskan, mengubah, mengorganisasi, merencanakan, menyusun kembali, menghubungkan, merevisi, menyimpulkan, menceritakan, menuliskan, mengatur.Metode Sintesis Melakukan penggabungan semua pengetahuan yang diperoleh untuk menyusun satu pandangan dunia.
Beberapa contoh dari pernyataan Sintetik adalah :
1.      Langit itu biru.
2.      Budi adalah pria yang menyebalkan
3.      Anjing itu galak
4.      Jerapah memiliki empat kaki
     Sintesis Menggabungkan atau mengkompromikan dari pernyataan satu kepada pernyataan lain untuk memperoleh kesimpulan yang komprehensif.
Contoh :
1.      Ilmu adalah aktifitas
2.      Ilmu adalah metode
3.      Ilmu adalah produk
Kesimpulanya Ilmu adalah aktifitas, metode dan produk
    Sedangkan sintesis dalam penulisan karya ilmiah pada dasarnya sintesis adalah merangkum intisari bacaan yang berasal dari beberapa sumber. Kegiatan ini harus memperhatikan data publikasi atas sumber-sumber yang digunakan. Dalam tulisan laras ilmiah, data publikasi atas sumber-sumber tadi kemudian dimasukan dalam daftar pustaka.
    Ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan oleh penulis dalam membuat sintesis, di antaranya (Utorodewo dkk, 2004: 97): (1) penulis harus bersikap objektif dan kritis atas teks yang digunakannya, (2) bersikap kritis atas sumber yang dibacanya, (3) sudut pandang penulis harus tajam, (4) penulis harus dapat mencari kaitan antara satu sumber dengan sumber lainnya, dan (5) penulis harus menekankan pada bagian sumber yang diperlukannya.

B.KARANGAN ILMIAH

Ada berbagai macam karya ilmiah yang oleh Jacob (bahan kuliah Ilmu Menulis, Strata-2, Ilmu Kedokteran Dasar, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, 1991, tidak dipublikasi­kan) dikategorikan menjadi 11 macam:
  • Laporan penelitianMacam-Macam Karya Ilmiah
  • Skripsi
  • Tesis
  • Disertasi
  • Surat pembaca
  • Laporan kasus
  • Laporan tinjauan
  • Resensi
  • Monograf
  • Referat
  • Kabilitasi

Berikut ini jabaran dari masing-masing kategori karya ilmiah.

  1. Laporan penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporan penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas, laporan ekskavasi arkeologis yang dibiayai oleh Departemen Kebudayaan, dsb.
  2. Skripsiadalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (Si).
  3. Tesis adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata dua (S2), yaitu Master.
  4. Disertasi adalah tulisan ilmiah untuk mendapat gelar akademik strata tiga (S3), yaitu Doktor.
  5. Surat pembacaadalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah.
  6. Laporan kasus adalah tulisan mengenai kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori.
  7. Laporan tinjauan adalah tulisan yang berisi tinjauan karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Biologi-calAnthropohgy in the Americas: ¡900-2000.
  8. Resensi adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaat karangan atau buku tersebut bagi pembaca.
  9. Monograf adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini dapat berupa tesis ataupun disertasi.
  10. Referat adalah tinjauan mengenai karangan sendiri dan karangan orang lain.
  11. Kabilitasi adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.


C.Konsep Menulis laporan ilmiah

Pada dasarnya makalah terdiri atas dua bagian utama, yaitu bagian tubuh dan pelengkap. Bagian tubuh terdiri atas  pendahuluan, isi/pembahasan, dan penutup.Bagian pelengkap terdiri atas: judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.



D.Catatan Harian Mengenai PI

PI adalah tugas yang dimulai dari semester 5 dan 6 ini , PI merupakan Karya ilmiah yang membuat mahasiswa mengetahui sedikit gambaran mengenai Skirpsi. pada awal PI di berikan kepada mahasiswa saya sedikit kaget mengapa harus secepat ini? padahal saya sendiri masih belum paham mengenai Penulisan Ilmiah tersebut. Dimulai dari pebagian Dosen pembimbing, alhamdulillah saya mendapatkan dosen yang menurut saya sangat baik dan asik yaitu Ibu Eny, setelah dosen pembimbing telah di ketahui mulailah pertemuan untuk materi atau pengenalan PI ( penulisan ilmiah) pada awal nya adalah BAB 1. Bab 1 mengenai Latar belakang masalah , rumusan dan batasan masalah sampe berujung ke hipotesis, saya sangat bingung akan hal semacam ini karna masih awam dalam meneliti atau membuat suatu penulisan ilmiah. Pertemuan selanjutnya Adalah Bab 2 yang mengenai Landasan Teori menurut saya, BAB 2 adalah bab dimana mahasiswa diberikan jeda pemikiran karna isi dalam Bab tersebut merupakan teori teori dasar dari variabel atau penelitian yang kita teliti. lanjut Pertemuan Selanjutnya BAB 3, bab ini merupakan bab yang membahas tentang metode penelitian dimana bab tersebut adalah bab yang amat sedikit rumit menurut saya. pertemuan selanjutnya adalah BAB 4, bab ini adalah bab dimana kita membahas smua kajian isi dari materi yang kita pilih atau variabel yang kita teliti, dimana bab tersebut adalah bab yang sangat - sangat rumit dan membuat saya sedikit menunda nunda untuk mengerjakan / melanjutkan Penulisan ini. dan selanjutnya adalah BAB 5 atau biasa dibilang bab penutup yang merupakan akhir dari perjalanan penulisan Ilmiah ini , bab 5 berisikan tentang saran dan kesimpulan dari pembahasan BAB 4 , dimana akhir dari penderitaan mahasiswa Gunadarma dan saya sendiri..

-Sekian Curhatan Mengenai Penulisan Ilmiah (PI) tersebut semoga bermanfaat dan saling berbagi pengalaman-

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More